Mengenal Penyakit Kuning Dan Cara Penanganannya

Penyakit kuning yaitu penyakit yang menyebabkan adanya perubahan warna menjadi kuning dibagian tubuh tertentu, terutama pada bagian kulit dan bagian putih pada mata yang diakibatkan oleh kadar bilirubin yang cukup tinggi. Penyakit kuning juga biasa disebut jaundice atau ikterus dikalangan dokter.

Bilirubin sendiri terbentuk dari adanya pemecahan sel darah merah. Tubuh biasanya akan mengeluarkan bilirubin melalui hati. Karena hati bayi yang baru lahir belum matang secara sempurna, bilirubin akan menumpuk lebih cepat jika dibandingkan dengan kemampuan untuk mengeluarkannya, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya penyakit kuning.

cara mengatasi penyakit kuning

Penyebab Terjadinya Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab bayi baru lahir mengidap penyakit kuning yaitu adanya kandungan bilirubin yang lebih pada darah bayi atau pigmen yang berwarna kuning pada sel darah merah. Sedangkan bilirubin sendiri merupakan produk sampingan yang dibuat saat memecah sel darah merah yang sudah tua. Kemudian bilirubin ini dihilangkan dari darah oleh hati yang pada akhirnya akan dikeluarkan tubuh melalui fases.

Penyebab lain terjadinya penyakit kuning yaitu terjadinya infeksi, ASI, dan masalah golongan darah antara ibu dan bayi. Ternyata ASI juga dapat menganggu kemampuan hati bayi untuk memproses bilirubin. Penyakit kuning jenis ini mampu bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan jenis penyakit kuning lainnya. Ada beberapa hal yang bisa dikatakan sebagai faktor penyebab terjadinya penyakit kuning pada bayi :

  • Adanya kerusakan sel darah karena memar yang terjadi pada saat persalinan atau terjadi pembekuan darah superfisial di kepala bayi
  • Kondisi warisan yang defisiensi G6PD (enzim di dalam tubuh yang berguna untuk membantu sel darah merah dapat berfungsi secara normal)
  • Antibodi yang berada di tubuh ibu menyerang sel darah merah pada tubuh bayi, hal tersebutlah yang menyebabkan bayi terkena penyakit kuning
  • Terjadi infeksi pada sistem urin dan darah
  • Bayi yang lahir prematur karena livernya belum sempurna

Perawatan Bayi Melalui Proses Fototerapi Dan Menggunakan Alat Lampu Fototerapi

Perawatan bayi kuning dengan proses fototerapi merupakan terapi yang memanfaatkan cahaya biru yang dihasilkan oleh alat Lampu Fototerapi. Lampu Fototerapi yang menyoroti tubuh telanjang bayi pengidap penyakit kuning akan memecah kadar bilirubin, yang kemudian dikeluarkan melalui urin dan tinja.

Untuk melakukan proses fototerapi ini bayi diletakkan di bawah alat Lampu Fototerapi dengan kedua mata bayi ditutup, hal tersebut perlu dilakukan untuk melindungi mata sang bayi dari cahaya terang Lampu Fototerapi, selama proses terapi berlangsung. Dokter dan perawat juga terus memantau semua tanda vital, suhu tubuh dan respon tubuh bayi terhadap cahaya biru Lampu Fototerapi.

Tubuh bayi juga sesekali dibalikan untuk memastikan semua bagian tubuh terkena cahaya biru. Jika bayi mengalami dehidrasi selama proses fototerapi, si bayi akan diberikan cairan selama perawatan berlangsung. Proses fototerapi dapat dikatakan selesai pada saat tingkat bilirubin sudah menurun.

Mengenal Penyakit Kuning Dan Cara Penanganannya | Fortive | 4.5