Melewati Shirat Di Hari Pembalasan

Sebelum masuk surga, terlebih dahulu kita melewati jembatan yang membentang. Ada yang melewatinya secepat kilat, berlari atau berjalan. Ada yang sampai ribuan tahun , tidak hanya itu, bahkan ada pula yang terjatuh sebelum jembatan di pasang.

Setiap hari kita melafalkan bacaan surah Al-Fatihah ayat 5 yang berbunyi “Tunjukilah kami ke jalan yang lurus, jalan keselamatan” Shirat yang secara harfiah diartikan sebagai titian (jembatan) adalah yang menentukan akan selamatkah kita dari jilatan api neraka.

Diriwayatkan kembali oleh Ibnu Al-Mubarok dari Auf dari Abdulah bin stafiq al-Uquali bahwa “ pada hari kiamat nanti manusia akan shirat menurut kadar iman dan amal mereka. Ada orang yang melewatinya dalam sekejap mata karena cepatnya,

Ada yang seperti anak panah yang dibidikan, ada yang seperti seekor burung ada yang larinya seperti seekor kuda yang digunakan untuk pacuan, ada yang berjalan kaki biasa sampai ada yang berjalan biasa walaupun harus merangkak.

Rasulullah bersabda, diantara meraka ada yang dihadapkan dengan diberi cahaya ada yang sebesar gunung ada yang lebih besar lagi bahkan ada yang lebih kecil di ibu jari kakinya, yang terkadang menyala kadang padam.

Lalu mereka semua melewati jembatan, jembatan itu seperti pedang yang tajam dan sangat licin. Kepada mereka dikatakan “pergilah menurut kadar cahaya mu.”

Di tepi dinding shirat terdapat kail-kail yang tajam bergantungan yang menarik siapa saja yang dikehendaki. Riwayat lain menambahkan bahwa ada yang bertanya “ Ya Allah, kenapa engkau lambatkan aku? Allah pun menjawab, bukan aku yang melambatkan mu melainkan amal-amal mu sendiri.

Kelak di padang masyar, tempat di mana manusia dikumpulkan dibagi menjadi dua golongan. Golongan. Golongan pertama adalah orang-orang mukmin yang hanya menyembah Allah tanpa menyekutukan dengan apa pun.

Mereka adalah orang-orang yang selama hidupnya selalu berpegang teguh dan berserah diri kepada kepada Allah Swt , dan golongan kedua yaitu orang-orang kafir dan musyrik yang tidak menyembah Allah dan menyekutukannya, mereka jatuh kedalam neraka sebelum jembatan dipasang.

Melewati Shirat Di Hari Pembalasan | Fortive | 4.5