Macam-Macam Siklus Hidrologi

Hidrologi yakni salah satu cabang ilmu yang berkaitan langsung dengan segala unsur dalam cara kerja pencatatan, pengerjaannya ialah dengan survei dan pemetaan kondisi air dalam permuakaan bumi. Siklus hidrologi sendiri tersebut memiliki berbagai level tidak hanya terdiri dari satu macam siklus saja.

Siklus hidrologi ini terbagi atas beberapa macam. Varian siklus hidrologi ini diperhatikan dari panjang atau pendeknya cara kerja siklus hidrologi tersebut. Didalam cara kerja panjang pendeknya, siklus hidrologi ini dibagi menjadi 3 macam yakni siklus hidrologi pendek, siklus hidrologi sedang dan siklus hidrologi panjang.

Macam-macam Siklus Hidrologi

Siklus Hidrologi Pendek (Short Cycle)

Siklus hidrologi pendek yakni siklus hidrologi yang tak mengalami cara kerja adveksi. Uap air yang telah terbentuk melewati siklus hidrologi akan diwariskan melewati hujan yang terjadi pada tempat sekitar laut tersebut. Pada siklus ini, uap air akan diwariskan menuju sekitar laut dengan melewati hujan. Berikut yakni penjelasan seputar siklus hidrologi pendek.

  • Air laut akan mengalami cara kerja penguapan dan berubah menjadi uap air imbas adanya panas dari sang surya.
  • Uap air akan mengalami kondensasi dan menyusun awan.
  • Awan yang telah terbentuk tersebut akan menjadi hujan di permuakaan laut.

Siklus Hidrologi Sedang (Medium Cycle)

Siklus hidrologi sedang ialah siklus hidrologi yang pada umumnya terjadi di negara kita sendiri yakni Indonesia. Siklus ini terjadi saat air yang berada pada badan air seperti danau, laut, sungai dan rawa yang meguap, terkondensasi menjadi awan dan kemudian awan tersebut bergerak ke tempat lain dikarenakan terdorong oleh hembusan angin atau karena adanya perbedaan tekanan dan menurunkan hujan di permuakaan tanah.

referensi : felderfans.com

Siklus hidrologi ini menciptakan hujan di daratan karena cara kerja adveksi yang membawa awan terbentuk ke atas daratan, siklus ini terjadi diwalayah daratan yang di dekatnya terdapat laut atau di kawasan tropis. Berikut ialah penjelasan singkat seputar siklus hidrologi sedang.

  • Air laut akan mengalami cara kerja evaporasi dan berubah menjadi uap air imbas adanya panas sang surya.
  • Uap air akan mengalami adveksi karena angin dan bergerak menuju daratan.
  • Pada atmosfer daratan, uap air menyusun awan dan berubah menjadi hujan.
  • Air hujan di permukaan daratan pun akan ikut mengalami run off menuju ke sungai dan kembali ke lautan.
Macam-Macam Siklus Hidrologi | Fortive | 4.5