Hal Wajib Diketahui Sebelum Pasang Behel Gigi

Hal Wajib Diketahui Sebelum Pasang Behel Gigi.Behel  gigi merupakan sarana yang umum dipakai untuk mengoreksi jajaran gigi yang tak rata atau rahang yang terlalu sesak. Walau pemasangan kawat gigi ini lebih umum dikenal sebagai usaha untuk tujuan estetika trulum alias membenahi penampilan, namun sebetulnya kawat gigi juga berfungsi membenahi manfaat mulut.

Namun belakangan penggunaan behel tidak berdasarkan kasus yang terjadi pada gigi melainkan hanya untuk menunjang penampilan (gaya-gayaan) yang mestinya tidak perlu dilakukan. Mengapa hal itu di rasa tidak perlu ? karena menggunakan behel itu perlu melakukan perwatan lebih, pengorbanan waktu dan biaya yang keketidak sedikitanan. Berikut akan di jelaskan beberapa tips atau bahan pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan behel:

Baca: Skincare Solusi Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam

Behel Gigi terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

  • Bracket yang ditempel ke gigi memakai lem khusus. Dapat terbuat dari beberapa macam material, semacam metal, ceramic alias bahkan sapphire.
  • Cincin ortodontik alias biasa disebut molar band yang dipasang pada gigi tahap belakang. Bermanfaat sebagai tumpuan kawat lengkung.
  • Kawat lengkung yang dipasang ke bracket. Bermanfaat sebagai penyalur tekanan ke gigi serta sebagai pemandu arah pergerakan gigi. Kawat lengkung ini memiliki beberapa macam tipe ukuran yang wajib disesuaikan dengan kondisi gigi yang dirawat.
  • Karet elastis yang mengikat kawat lengkung ke bracket. Seiring berlangsungnya waktu karet tersebut bakal kehilangan daya elastisitasnya jadi butuh diganti. Dapat memakai beberapa macam warna sesuai dengan keinginan.

Macam-Macam Behel Gigi

  • Behel Lepasan
    Behel gigi yang tidak pasang secara permanen dan mudah untuk dilepas pasang. Biasanya menggunakan bahan metal dan hanya digunakan untuk kasus-kasus yang ringan.Namun behel lepas pasang yang dipasang sesuai dengan rekomendasi dokter gigi, bukan behel lepas pasang yang bisa dibeli dipasaran lalu kita pasang sendiri.
  • Behel Permanen Behel gigi tipe permanen ini merupakan tipe behel yang terpasang dengan cara permanen di gigi serta bisa dipakai dari permasalahan ringan hingga dengan permasalahan berat. Behel permanen ini terbuat dari beberapa macam bahan, mulai dari metal, ceramic hingga dengan sapphire.
  • Behel Mental
    Behel gigi berbahan metal ini merupakan behel yang paling umum dipakai. Behel tipe ini bisa dipakai dari permasalahan ringan sampai berat serta bisa dikombinasikan dengan karet elastis beberapa warna jadi terkesan lebih luar biasa.Keunggulan behel ini merupakan biayanya yang murah serta bisa dipakai untuk beberapa macam permasalahan.Tetapi behel ini memerlukan kontrol selalu untuk mengganti karet sebab seiring berlangsungnya waktu karet bakal kehilangan daya elastisnya serta tekanan ke gigi bakal bertidak lebih. Jadi perawatan tak bakal berlangsung maksimal jika kontrol tak diperbuat dengan cara selalu.
  • Behel Transparan
    Behel transaparan merupakan tipe behel gigi yang memakai bahan ceramic alias sapphire yang transparan alias sewarna gigi. Behel ini tak sedikit dipakai oleh pasien yang ingin tak terlalu kelihatan memakai behel gigi.
    Kelebihan behel gigi tipe ini merupakan behel lebih tersamar jual trulum jadi tak terlalu kelihatan, tetapi disisi lain behel ini kekuatannya dibawah behel metal, jadi tak manjur untuk dipakai pada permasalahan-permasalahan yang berat.Behel ini masih memakai karet serta kawat lengkung yang biasanya berwarna putih supaya lebih tersamar.Jika kalian mengharapkan behel gigi yang sangatlah tak tampak, maka kalian dapat memakai aligner yang berbahan transparan serta dicetak sesuai dengan bentuk gigi.

Tujuan Pasang Behel Gigi

Mesikipun tak sedikit yang pasang behel untuk argumen penampilan saja, tetapi sebetulnya manfaat dari behel gigi tak terbatas hanya untuk penampilan saja. Pemakaian kawat gigi dapat sangat menolong menambah kesehatan gigi, sebab susunan gigi yang tak rata lebih selesaiiko untuk dapat menjadi tempat penumpukan plak serta sisa makanan yang dapat menyebabkan penyakit gigi serta mulut.

Susunan gigi yang tak rata juga bisa menyebabkan makanan tak bisa dikunyah dengan sempurna. Faktor ini dalam jangka panjang bisa menyebabkan persoalan pencernaan. Susunan gigi juga berpengaruh ke kejelasan bicara seseorang. Susunan gigi yang rapih bakal membikin bicara lebih jelas serta lebih mudah untuk dimengerti.

Selain argumen kesehatan, argumen mutlak memakai behel gigi merupakan supaya kalian bisa lebih enjoy dengan penampilanmu, lebih percaya diri dalam meperbuat segala aktivitas, serta pada akhirnya mempunyai nasib yang lebih bernilai.

Resiko Menggunakan Behel Gigi

Setiap perawatan medis tentu mengandung resiko. Tetapi resiko dalam pemakaian behel gigi sangat kecil jika dikerjakan oleh dokter gigi yang berkompeten. Kompetensi dokter gigi sangat menentukan dari kesuksesan perawatan. Untuk itu kita tak mengusulkan untuk memasang behel gigi pada seseorang yang tak mempunyai kompetensi medis semacam tukang gigi alias pakar gigi.

Resiko jangka singkat dalam memakai behel gigi merupakan sariawan dampak dari gesekan kawat dengan bibir. Tidak hanya itu pembersihan gigi menjadi lebih susah sebab terkendala oleh kawat Resiko jangka panjang dalam memakai behel gigi merupakan gigi menjadi tak kokoh sebab memendeknya akar gigi sebab pergeseran gigi. Oleh sebab itu rencana perawatan wajib diperbuat oleh dokter gigi yang berkompeten dalam bidang ortodonti.

Hal Wajib Diketahui Sebelum Pasang Behel Gigi | Fortive | 4.5